Loading ...
   

Salam Informatika,

    Kali ini admin akan membahas tentang node.js. Apa itu node.js, apa kelebihan - kelebihan yang ada pada node.js, bagaimana perkembangannya hingga saat ini, dan hal - hal yang perlu diperhatikan dalam membangun website menggunakan node.js.

Apa itu node.js?

"Node.js® is a platform built on Chrome's JavaScript runtime for easily building fast, scalable network applications. Node.js uses an event-driven, non-blocking I/O model that makes it lightweight and efficient, perfect for data-intensive real-time applications that run across distributed devices." (nodejs.org)

Berdasar pengertian node.js yang dikutip dari situs resminya, nodejs dapat diartikan sebagai sebuah platform software yang dipakai untuk membangun aplikasi – aplikasi serverside yang fleksibel di sebuah jaringan aplikasi. Nodejs seperti kontekstualnya js, yang berarti platform ini menggunakan javascript sebagai basis bahasa pemrogramannya. Dibuat oleh Ryan Dahl pada tahun 2009 menggunakan mesin javascript v8 milik google chrome, nodeJS memiliki skalabilitas yang sangat tinggi, berbasisevent (event driven programming), dan memiliki konsep asynchronous yang sangat bagus sehingga membuatnya ringan dan efisien.

Masih Bingung?

Agar lebih mudah dipahami, node.js merupakan  platform perangkat lunak yang berjalan pada sisi-server dan aplikasi jaringan. Platform ini  terdiri dari 2 hal, yaitu runtime environment dan script library. Node.js memiliki pustaka server HTTP sendiri sehingga memungkinkan untuk menjalankan webserver tanpa menggunakan program webserver seperti apache atau lighttpd.

Berbicara mengenai serverside, mungkin teman - teman bingung, apa yang membedakan node.js dengan php. 

Yang membedakan keduanya adalah dari sisi peletakan eksekusinya. Php mengeksekusi data di sisi server, selanjutnya hasilnya akan ditampilkan di sisi klien. Sedangkan node.js, seperti pengertian javascript, pengeksekusiannya di sisi klien melalui browser akan tetapi dapat mengatasi pengolahan data di sisi server sekelas PHP, ASP dll.

Loh kok bisa?

Untuk mengeksekusi Javascript sebagai bahasa server, node.js memiliki pustaka server HTTP sendiri sehingga memungkinkan untuk menjalankan webserver tanpa menggunakan program webserver seperti apache atau lighttpd. Untuk mensinkronkan hal tersebut, diperlukan engine yang cepat dan mempunyai performansi yang bagus. Node.js menggunakan Engine Javascript dari Google bernama V8, merupakan engine yang sama yang dipakai oleh browser Google Chrome.

Apa kelebihan dari node.js?

Berbicara mengenai kelebihan, nodejs memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan node.js yang telah admin rangkum dari beberapa sumber :

  1. Pengembang hanya cukup memakai satu bahasa untuk mengembangkan aplikasi client & server sehingga mengurangi 'Learning Curve' untuk mempelajari bahasa server yang lain.
  2. Mendukung reuse of code, yang dimaksud disini adalah kemudahan sharing code antara client dan server, dimana seorang programmer dapat membangun sebuah objek dengan mengextend objek-objek yang telah ada secara mudah, sehingga programmer itu mungkin tidak perlu tahu dengan kode-kode dari objek yang ingin ia extend , yang ia butuhkan hanyalah pengetahuan mengenai property dari objek itu dan hal-hal yang dapat dilakukan oleh objek itu.
  3. Mendukung JSON, sehingga untuk mengkonsumsi data-data dari pihak ketiga pemrosesan di Node.js akan sangat mudah sekali.
  4. Asinkron I/O & event, maksudnya adalah proses eksekusi program tidak perlu menunggu pembacaan suatu file sampai selesai tetapi tetap dapat langsung menjalankan kode Javascript selanjutnya yang dieksekusi secara bersamaan, hal ini dapat membuat kerja sistem lebih ringan dan cepat.
  5. Database NoSQL seperti MongoDB dan CouchDB mendukung langsung Javascript sehingga interfacing dengan database ini akan jauh lebih mudah.
  6. Memakai engine V8 yang selalu mengikuti perkembangan standar ECMAScript, jadi tidak perlu ada kekhawatiran bahwa browser tidak akan mendukung fitur-fitur di Node.js.
  7. Open Source, source code nodejs berada pada Github. Hal ini membuat perkembangan node.js sangat cepat, terlebih hal ini juga dapat memudahkan para programmer yang masih bertitel "Mahasiswa" dapat mencicipi teknologi baru ini. :D

Bagaimana perkembangan node.js saat ini?

Walaupun node.js masih terbilang baru, teknologi ini sudah banyak berkembang, salah satunya adalah munculnya framework nodejs yaitu express JS. Framework express js diinspirasi oleh proyek Ruby "Sinatra", framework ini merupakan framework paling populer dikarenakan kemudahannya dalam membuat kerangka aplikasi web dan mobile secara minimal dan fleksibel dengan teberbagai fitur.

Salah satu contohnya adalah penggunaan module - module yang dapat disinkronkan oleh node.js, anggap saja dalam penggunaan module jade dan stylus, express js cukup menggunakan fungsi - fungsi yang akan melakukan pemanggilan terhadap module tersebut.

Beberapa situs yang sudah menggunakan teknologi ini adalah http://www.shutterstock.comhttp://www.learnboost.comhttp://www.geekli.st dan masih banyak lagi situs - situs lain yang sudah menggunakannya. Teman - teman bisa cek dan melihat perbedaan yang mencolok bagaimana situs - situs yang menggunakan node.js mengambil data dengan situs - situs yang tidak menggunakan node.js.

Hal - Hal yang perlu diperhatikan dalam Membangun Website menggunakan node.js

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun website menggunakan node.js secara fleksibel :

NPM

NPM (Node Package Manager) merupakan package manager yang digunakan NodeJS. Sejak versi 0.6.3, NPM ini sudah diikutsertakan secara default waktu instalasi NodeJS.

Jade

Module ini merupakan mesin template untuk nodejs. Module ini menawarkan banyak fitur, untuk mengenal lebih dalam module ini dapat dilihat pada https://github.com/jadejs/jade#a1

Stylus

Module merupakan pre-processor untuk CSS. Modul ini sama kerjanya dengan LESS, tapi dibuat khusus untuk NodeJS.

Framework node.js

Framework sudah barang tentu hal yang penting dalam membangun website, agar lebih fleksibel dan efisien.

Mungkin sekian dulu postingan dari admin, posting selanjutnya admin akan membahas bagaimana membangun website dengan Express Framework yang tentunya akan lebih menarik lagi, be calm and keep stay :D
Salam Informatika.

SUMBER :

nodejs.org

http://expressjs.com/

http://www.ngulikweb.com/internet/mengenal-node-js-jalankan-javascript-di-server/

http://tambahilmu.com/2013/03/26/express-node-js-framework-pengenalan/

http://bisakomputer.com/nodejs-membangun-website-dengan-express-framework/

http://www.clock.co.uk/blog/a-simple-website-in-nodejs-with-express-jade-and-stylus

http://idjs.github.io/belajar-nodejs/

https://github.com/idjs/belajar-nodejs