Loading ...
   

Oleh : Pak Wahid

 

Ada yang tahu CodeCombat ? mungkin para gamers tahu ?

CodeCombat merupakan game fantasi berbasis web yang mengajarkan pemain basis dari pemgorgraman. Pemain tidak perlu mahir terlebih dahulu untuk menjadi seorang programmer, pemain akan dibimbing bagaimana menyelesaikan game dengan menggunakan sintaks - sintaks dan logika sehingga di dalam permainan tersebut pemain harus NGODING untuk melalui rintangan maupun mengalahkan musuh. 

Game ini bisa dimainkan melalui  http://codecombat.com/

 

Menarik Bukan? 

Dibuat pertama kali oleh George Saines, Nick Winter, dan Scott Erickson pada tahun 2013, awal mula sejarah game ini dimulai pada akhir tahun 2012, Nick mulai menguji prototipe CodeCombat, selanjutnya pada bulan juni tahun 2013 game ini resmi dirilis melalui website dengan beberapa level pemula.

Founder CodeCombat (kiri ke kanan) : Nick Winter, George Saines, Scott Erickson

Awalnya game ini diluncurkan melalui Reddit, ternyata mendapat umpan balik yang baik dari para pemainnya sehingga tim CodeCombat merekonstruksi ulang infrastruktur game dan akhirnya kembali diluncurkan dalam versi beta pada bulan Oktober 2013. Peluncuran pertama game ini sudah mendapat sambutan baik dari pemainnya, lebih dari 100.000 pengunjung dalam waktu kurang dari seminggu yang memainkan game ini hingga pada bulan Desember game ini telah memiliki lebih dari 280.000 pengunjung, hingga pada tahun 2014 mereka merilis game ini untuk multiplayer, fantastis.

Sebenarnya, apa sih yang menarik dari game ini ?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa game ini menuntut pemainnya untuk  NGODING dalam menyelesaikan game sehingga pemain diharuskan untuk dapat berlogika.

Game ini menawarkan 5 pilihan bahasa yang pemain inginkan dalam NGODING untuk melalui rintangan maupun mengalahkan musuh yang ada dengan membuat ALGORITMA atau alur yang harus dijalankan oleh pemain yang dituangkan dalam bentuk KODE PROGRAM untuk menyelesaikan game tersebut. Bahasa yang ditawarkan adalah Python, Javascript, CoffeeScript, Clojure dan Lua

Menarik bukan, bahkan game ini sudah diluncurkan untuk multiplayer, sehingga kamu bisa adu algoritma dengan temanmu. 

Gimana Cara Mainnya?

Akan saya ulas sedikit isi dari game ini, berhubung saya sudah mulai main game ini dan ternyata menarik.

Sebelum main game ini terlebih dahulu kamu mendaftarkan diri, atau main sebagai anonymous.

Tampilan Depan codecombat.com

Pada halaman berikutnya kamu akan dihadapkan pilihan - pilihan dunia CodeCombat yang tersedia, tiap dunia tersebut akan memiliki pembelajaran yang berbeda, berikut pilihan dunia CodeCombat yang tersedia dimulai dari level paling rendah :

  1. KITHGARD DUNGEON : pembelajaran sintaks, parameter, string, looping/perulangan dan variabel.
  2. BACKWOOD FOREST : pembelajaran aturan if/else, operator relasional, object property, dan penanganan input.
  3. SARVEN DESERT : pembelajaran aritmatik, counters, looping menggunakan while, break, array, string comparison dan pencarian min/max.
  4. CLOUDRIP MOUNTAIN : pembelajaran literal objek, pemanggilan method secara remote, perulangan for, fungsi, drawing, dan modulo.
  5. KELVINTAPH GLACIER : pembelajaran teknik - teknik lanjut dari pemrograman.

Kamu hanya dapat masuk ke dunia CodeCombat secara berurutan dimulai dari level paling rendah ke dunia level berikutnya.

Dunia CodeCombat

Selanjutnya masuk room dungeon. Sebelum masuk ke room dungeon, terlebih dahulu pemain akan dihadapkan halaman pengaturan, bahasa pemrograman apa yang ingin digunakan, karakter apa yang ingin dimainkan serta perlengkapan apa yang ingin digunakan.

Setelah semua pengaturan sudah dibuat, berikutnya pemain akan masuk ke dalam roomnya.

Yang harus diperhatikan dari permainan tersebut adalah GOAL room, seperti pada gambar diatas pemain diharuskan mendapatkan gem menggunakan perintah yang dibuat, selanjutnya untuk melihat hasilnya cukup klik run.

Pada awal permainan goal yang diberikan cukup dengan menggunakan perintah - perintah dasar dari bahasa pemrograman, selanjutnya pada level - level yang lebih tinggi pemain akan dihadapkan goal yang lebih rumit yang mengharuskan pemain pandai - pandai berlogika, seperti screenshot di bawah :

Pada room diatas goal yang harus dicapai adalah mengalahkan semua musuh dan menyelamatkan semua warga, dengan musuh yang agresif tentunya pemain diharuskan menggunakan logika bagaimana sang hero dapat mengalahkan musuh tanpa musuh terlebih dahulu membunuh warga.
Pada permainan ini skill yang didapat pada karakter sesuai perlengkapan yang dia punya. Misalnya untuk menjalankan perintah if - else, pemain harus memiliki buku programmaticon II, untuk menjalankan fungsi attack pemain harus memiliki pedang terlebih dahulu, dan lain sebagainya, informasi tersebut sudah tertera di panduan game.

Bagaimana? masih pusing dengan algoritma atau bahasa pemrograman?

Semoga dengan game semacam ini dapat merubah mainset teman - teman, bahwa algoritma bukanlah suatu momok.

Oya satu hal lagi yang penting buat teman - teman, bahwa game ini merupakan open source game di bawah lisensi MIT. Kode sumber game ini bisa teman - teman unduh di  https://github.com/codecombat/codecombat.

Selamat Bermain